Sabtu, 26 November 2022

Grammar: Gerund


 Apa kabarnya hari ini? Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu bagian grammar dalam bahasa inggris yaitu Gerund. Apa itu gerund? Pasti kalian penasaran kan?? Yuk daripada basa basi lagi kita langsung saja simak penjelasan, contoh, dan soal latihan tentang gerund di bawah ini.


Apa itu Gerund?

Gerund dalam bahasa inggris adalah kata benda (kata benda) yang berakhiran -ing . Mungkin kita pernah salah mengira gerund ini adalah sebuah verb (kata kerja) karena berakhiran -ing, namun sebenarnya gerund ini adalah noun karena penempatannya yang ada pada awal kalimat (subjek) dan akhir kalimat (objek).


Rumus Gerund

Untuk membuat Gerund itu mudah saja, hanya dibe\utuhkan:

 Infinitif + -ing

Contoh Kalimat Gerund


Gerund sebagai Subjek

- Pergi ke pesta itu menyenangkan

- Menulis adalah hobi saya

- Memasak adalah keahlian khususnya

- Hidup di dunia ini adalah takdir kita

- Tidur adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres

Gerund Sebagai Objek

- Saya senang membaca

- Dia suka menari

- Kami mulai berdiskusi

- Keluarga saya suka memancing - Nyanyian 

burung

Gerund sebagai Complement

Sebelum gerund ada yang harus mengikuti. Contoh :

- Hobi kami adalah bermain sepak bola

- Hobi saya adalah bernyanyi

- Aktivitas yang paling saya sukai adalah menari

Contoh Kalimat Gerund yang lainnya


Dia mengaku pernah mengemudi juga 

Mereka menghindari pergi berlibur pada hari Sabtu.

Jika kita terus tidur dengan sangat buruk, kita mungkin membutuhkan bantuan.

Ralph sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah baru.

Aku menunda memberi tahu Max berita itu.

Dia menyangkal membaca buku itu.

Kami tidak suka membaca puisi.

Dia tidak bisa tidak jatuh cinta padanya.

Saya senang bermain catur.

Mereka selesai bekerja di kebun

Susan berhenti bermain hoki es.

Dia membayangkan mengendarai mobil baru.

Tanggung jawab Anda termasuk menerima reservasi melalui telepon.

Proyek ini akan melibatkan penanaman tanaman.

Saya tidak bisa membenarkan membayar $100 untuk tiket ini.

Mereka terus berlari.

Apakah Alex pernah menyebutkan bermain bisbol?

Aku tidak keberatan tidur di sofa.

Mereka rindu bermain dengan teman-temannya.

Dia berlatih bermain hoki.

Apakah Anda menyesal telah menyebutkannya?

Anda berisiko terkena flu.

Dia menyarankan terbang ke Kairo.

Dia sibuk membaca koran.

Saya tidak keberatan memberi tahu mereka pendapat saya.

Kami merasa seperti minum teh.

Bagaimana kalau berjalan pulang daripada membawa mobil?

Tidak baik berbicara dengan gadis ini.

Tidak ada gunanya berbicara dengan kepala sekolah.

Mereka menghabiskan waktunya untuk membaca.

Tidak ada kecurangan lagi.

Tidak ada gunanya mengeluh lebih lanjut.

Bagaimana dengan pergi ke kebun binatang?

Buku itu layak dibaca.


0 komentar:

Posting Komentar