Kamis, 17 November 2022

Microsoft Exel

 Microsoft Office adalah perangkat lunak yang didesain untuk dijalankan di bawah sistem operasi Linux, Mac OS X dan Microsoft Windows. Salah satu aplikasi Microsoft Office yang sudah populer, yaitu Microsoft (Ms) Excel. Ms Excel adalah program aplikasi lembar kerja yang dibuat oleh Microsoft Corporation untuk Ms Windows dan Mac OS. Program ini juga dikenal dengan progam pengolah angka yang dilengkapi dengan fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Oleh karena itu, Ms Excel dianggap sebagai salah satu program komputer yang sering digunakan untuk komputer mikro hingga saat ini. Bahkan dewasa ini, program Ms Excel merupakan program spreadsheet yang paling banyak dicari oleh banyak pihak. Ms Excel umumnya digunakan pada komputer yang menggunakan program Windows sementara untuk sistem operasi lainnya tidak bisa. Hal ini disebabkan karena software atau aplikasi di dalamnya memiliki kriteria tertentu agar Ms Excel bisa dipakai, demikian seperti yang dilansir dari laman resmi SMK Budi Utomo 2 Way Jepara Lampung Timur. Fungsi-fungsi di Ms Excel Berikut beberapa fungsi di Ms Excel, dikutip dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP/MTs Kelas VIII. 1. Menu Menu berisi perintah-perintah untuk menjalankan MS. Excel, dengan mengklik Menu maka akan muncul beberapa submenu. 2. Ikon Ikon-ikon ditampilkan di baris toolbar. Ikon adalah menu pilihan berupa tombol-tombol yang diberi simbol untuk mewakili sebuah perintah. 3 . Menu Office Button Dalam menu Office Button ada perintah-perintah untuk mengolah data, berikut. New; membuat buku kerja baru atau file baru. Open; untuk membuka buku kerja atau file yang sudah dibuat. Close; untuk menutup lembar kerja dengan cepat. Save; untuk menyimpan buku kerja atau file. Save As; untuk menyimpan buku kerja atau file dengan nama lain. Print; untuk mencetak buku kerja atau file. Send to; untuk mengirim buku kerja atau file ke aplikasi lain. Properties; untuk melihat properti buku kerja atau file. Exit; untuk keluar dari program aplikasi Excel. 4. Menu Home Menu Home terdiri dari beberapa perintah, yaitu: Paste, berfungsi memasang atau menempelkan isi clipboard ke dalam buku kerja atau file. Cut, berfungsi memotong suatu bagian buku kerja dan dapat menempatkan dalam clipboard. Copy, berfungsi menyalin suatu bagian buku kerja dan menempatkan dalam clipboard. Format painter, berfungsi menirukan atau menjiplak format seperti yang telah disalin di sel yang ditunjuk. 5. Menu Insert Menu Insert terdiri dari beberapa perintah, yaitu: PrivotTable, berfungsi untuk menampilkan fitur Privot Table sehingga dapat melihat nilai yang ada dalam tabel secara otomatis. Table, berfungsi untuk mengaktifkan fitur tabel yang ada pada Ms Excel. Picture, berfungsi untuk menyisipkan fasilitas gambar atau objek dalam lembar kerja. 6. Menu Page Layout Menu Page Layout terdiri dari beberapa perintah, yaitu: Themes, berfungsi untuk menampilkan tema yang ada dalam Ms Excel. Margins, berfungsi untuk mengatur halaman lembar kerja yang ada dalam Ms Excel. 7. Menu Formulas Menu Formulas terdiri dari beberapa perintah, yaitu: Insert Function, berfungsi untuk memasukkan rumus-rumus yang ada dalam MS.Excel. AutoSum, berfungsi untuk menghitung. Use In Formula Date and Time Recently Used Name Maneger Create From Selection Define Name 8. Menu Data Menu Data terdiri dari beberapa perintah, yaitu: • Get External Data • Text To Colums • Refresh All • Remove Duplicatetes • Connections 9. Menu Review Menu Review terdiri dari beberapa perintah, yaitu: • Research • Show All Comments • Thesaurus • Show Ink • Translate 10. Menu View Menu View terdiri dari beberapa perintah, yaitu: Normal Zoom Page Layout Zoom to Selection Page Break priview



0 komentar:

Posting Komentar